Minggu, 22 Januari 2017

Permasalahan SDM "Contoh Kasus"



Nama   : Reta Liuja
Npm    : 19514104

Pada beberapa minggu yang lalu saya telah membahas analisis dua contoh kasus mengenai masalah SDM yang sering terjadi dalam suatu perusahanaan yaitu masalah organisasi dan masalah pekerjaan dan profesional. Pada postingan minggu ini saya akan kembali membahas mengenai contoh kasus permasalahan SDM lainnya yang juga mungkin sering terjadi dalam suatu perusahaan.

Contoh Kaus :  Budaya dan Sikap
            Pada perusahaan “A”  terdapat suatu permasalahan dalam sikap dan budaya yang ada pada karyawannya, departemen SDM pada perusahaan “A” sering dipusingkan dengan masalah ketidakdisiplinan yang terjadi di perusahaan tersebut, budaya jam “karet” bukanlah hal yang asing yang ditemukan pada perusahaan “A”. Masalah ketidakdisiplian ini memang merupakan salah satu hal yang sulit untuk dihindari karena masih banyak orang-orang yang biasanya menyimpang dari prosedur atau peraturan yang berlaku. Kurangnya ketegasan dari pimpinan juga membuat para karywannya masih saja sering melanggar aturan tersebut sehingga, banyak pekerjaan yang terkadang terbengkalai dan memperlambat kemajuan perusahaan “A” tersebut.

Analisi Kasus :
Kemajuan suatu perusahaan salah satunya dapat dipengaruhi oleh sikap dari karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan. Kinerja pegawai merupakan salah satu faktor yang membuat cepat atau lambatanya suatu perusahaan berkembang, oleh karena itu sikap seorang manager maupun karywan sangat mempengaruhi hal tersebut. Dalam permasalahan yang terjadi di perusahaan “A”,untuk membasmi sikap ketidakdisiplinan tersebut seorang manager harus bersikap tegas dan memberikan hukuman yang pas jika karyawannya sering tidak disiplin pada waktu dalam suatu perusahaan. Para karyawan yang terlambat pasti akan memberikan berbagai alasan yang mungkin dapat dimaklumi oleh manager dalam perusahaan “A”, tetapi jika hal tersebut terjadi dalam kurun waktu yang berulang-ulang atau sering terjadi, mungkin manager “A” harus mengambil sikap tegas pada karyawan-karyawan tersebut agar mereka jera dan tidak mengulangi ketidakdisiplinan yang mereka lakukan. Manager harus memberikan hukuman yang sepadan seperti pemotongan gaji ataupun surat peringatan, tetapi peraturan yang diberikan jangan hanya sekedar peraturan tertulis semata tetapi juga harus direalisasikan agar sikap karyawan-karyawan tersebut dapat berubah dan dapat berpengaruh bagi perusahaan “A” tersebut. Karena sangat memungkinkan jika ketidakdisiplinan yang sering terjadi pada karyawan tersebut tidak lagi terjadi, kesempatan untuk kemajuan perusahaan tersebut lebih tinggi peluang terjadinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#SIP CBIS, Data, Sistem Pakar

A.     Computer Base Information Sistem (CBIS) dan DATA       Computer Base Information Sistem (CBIS a.       Definisi Dalam Wik...