Minggu, 09 Juli 2017

Rangkuman



Nama : Reta Liuja
NPM  : 19514104
Kelas  : 3PA11

RANGKUMAN TERAPI TRANSFERENSI, DESENTISASI SISTEMATIS DAN CLIENT CENTERED THERAPY

Psikologi mempunyai berbagai macam aliran dan terapi yang berbeda-beda, salah satunya adalah aliran psikoanalisis dengan menggunakan terapi transferensi, aliran Behavior dengan terapi desentisasi sistematis, dan aliran Humanistik menggunakan terapi client-centered therapy.
Terapi Transferensi
Transferensi merupakan suatu keadaaan yang dialami klien  ditandai dengan pengalihan perasaan alam bawah sadar dari satu orang ke orang lain. Cara kerja terapi ini yaitu dengan menginterpretasikan perasaan klien seakan-akan konselor adalah orang penting yang ada dalam kehidupan masa lalu klien seperti sosok orangtua, kemudian tugas terapis adalah menganalisis hal tersebut dan menemukan hal-hal penghambat perkembangan kepribadian klien.
Tahapan terapi ini ada 4 yaitu tahap pembukaan yang terjadi pada awal inerview sampai terungkap masalah yang dihadapi klien, kedua yaitu pengembangan transferensi yang ditandai dengan terapis yang sudah mulai masuk dalam masa lalu klien, tahap ketiga yaitu bekerja melalui transferensi yang mulai mencakup pemahaman dan pendalaman maslah yang dilakukan oleh terapis terhadap klie, sedangkan tahap keempat yaitu resolusi transferensi dengan memecahkan perilaku neurosis klien yang ditunjukan sepanjang hubungan konseling.
 Kelebihan terapi ini adalah memiliki dasar teori yang kuat dan terapis bisa lebih mengetahui masalah klien karena pengalaman masa lalu klien yang dimunculkan kembali oleh klien sendiri. Sedangkan kekurang dari terapi ini yaitu tidak semua kenangan masa lalu bisa dibawa ke alam sadar, tidak efektif untuk penyakit menetap, setelah sembuh klien bisa saja mengalami masalah psikis yang lain serta membuthkan waktu yang lama.
Terapi Desentisasi Sistematis
adalah salah satu teknik yang digunakan untuk menghilangkan tingkah laku seperti kecemasan serta fobia. Cara terapinya yaitu dengan bertumpu pada fakta bahwa seseorang tidak bisa secara terus menerus merasa cemas dengan menggunakan relaksasi.
Tahapan terapi ini yaitu melatih relaksasi otot mendalam agar otot tidak tegang, lalu menyususn urutan kecemasan dengan mengurutkan dari hal yang paling kecil tentang kecemasan terhadap objek tertentu, kemudian terakhir yaitu dengan membayangkan hal yang memebuat cemasa beserta relaksasi bersamaan.
 Kelebihan terapi ini yaitu stimulus yang ditakut dapat diatur dengan menyusunnya dalam hirarki secara bertahap. Sedangakan kekurangan terapi ini yaitu tidak semua terapis mampu berperan propagandist dalam penerapan teknik treatment, perlu melibatkan teknik-teknik lain untuk membantu terapis, serta memerlukan waktu yang.
Client-Centered Therapy
yaitu suatu metode perawatan psikis yang dilakukan antara terapis dengan klien, agar tercapai gambaran yang serasi antara ideal slef dengan actual self.  Cara Client-Centered Therapy yaitu dengan mendengarkan klien secara aktif, merefleksikan perasaan klien dan menjelaskannya. Tahapan tekhnik ini adalah penerimaan, rasa hormat, mengerti/memahami, menentramkan hati/meyakinkan, dorongan, pertanyaan terbatas, memantulkan pertanyaan dan perasaan.
Kelebihan tekhnik ini adalah memberikan memberikan peluang yang jarang kepada klien  untuk sungguh-sungguh di dengar dan mendengarkan, klien bisa menjadi diri sendiri, klien merasa bebas untuk bereksperimen dengan tingkah laku baru, diharapkan memikul tanggung jawab atas diri mereka sendiri, menetapkan bidang-bidang apa yang mereka ingin mengeksplorasikan, menyajikan kepada klien umpan balik langsung dan khas dari apa yang baru di komunisikan dan terapis mereflesikan perasaan-perasaan kliennya yang lebih dalam.
Sedangkan kekurangannya yaitu sejumlah praktisi yang menyalah tafsirkan atau menyederhanakan sikap-sikap sentral dari posisi clien center, tidak semua konselor bisa mempratekkan terapi ini, membatasi lingkup tanggapan dan gaya konseling dan adanya jalan yang menyebabkan sejumlah pempraktek menjadi terlalu terpusat pada klien sehingga mereka sendiri kehilangan rasa sebagai pribadi yang unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#SIP CBIS, Data, Sistem Pakar

A.     Computer Base Information Sistem (CBIS) dan DATA       Computer Base Information Sistem (CBIS a.       Definisi Dalam Wik...